Banmus DPRD Provinsi Jambi Kunjungi DPRD Sumbar

23

PADANG,92news –Mendapatkan informasi dan masukan terkait prosedur, mekanisme, dan tata kerja yang berkaitan dengan peran, fungsi, serta tugas badan musyawarah (Banmus), DPRD Provinsi Jambi kunjungi DPRD Provinsi Sumatera Barat, Senin (8/5/2023).

Pimpinan dan anggota Banmus DPRD Jambi berjumlah 8 orang, diterima sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Sumatera Barat H. Raflis, SH,MM, di ruang kerjannya, di dampingi beberapa kasubag dan staf serkeretariat.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan Banmus DPRD Jambi banyak bertanya tentang mekanisme pengaturan jadwal kegiatan DPRD Sumatera Barat, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Banmus lembaga ini.

“Bagaimana mekanisme yang diambil DPRD Sumbar dalam menyusun jadwal kegitaan, termasuk perubahan jadwal ketika diperlukan, tentunya yang tidak melanggar aturan berlaku,” tanya pimpinan DPRD Jambi.

Ditimpali dengan pertanyaan anggota lainnya, penjadwalan dan perubahan di DPRD Sumbar apakah disesuaikan dengan kegiatan mendadak, atau lainnya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Sekwan Sumbar Raflis, mengatakan, sejauh ini penjadwalan kegiatan DPRD Sumbar berjalan baik, tanpa ada polemik, karena semua diputuskan Banmus melalui pembicaraan awal pada fraksi-fraksi.

“Sejauh ini penjadwalan kegiatan DPRD Sumbar oleh Banmus berjalan baik, karena sebelum dilakukan pembahasan dan pengambilan keputusan, selalu dibicarakan dahulu pada fraksi-fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya,” terang Raflis.

Raflis juga mengatakan, jika ada perubahan agenda kegiatan, agar tidak melanggar aturan, maka harus dirubah anggenda yang sudah ditetapkan Banmus, dengan melakukan pembicaraan awal, sehingga dalam mengambil keputusan perubahan juga tidak ada polemik.

Ketika ditanya rombongan DPRD Jambi, apakah ada pertikaian dan perdebatan dalam perubahan dan penyusunan jadwal oleh Bamus, Sekwan Sumbar mengatakan, ketika sudah dibicarakan pada tingkat awal, maka perdebatan akan tereliminir.

“Kunci dari semuanya adalah komunikasi, sehingga tidak perdebatan yang begitu dalam dalam menyusun dan merubah penjadwalan agenda kerja oleh Banmus,” tegas Raflis pada rombongan Banmus provinsi Jambi.

Selain memberikan keterangan sesuai pertanyaan rombongan, Sekwan Sumbar juga memberikan beberapa contoh berkas keputusan Banmus, juga sistem yang dipakai DPRD Sumbar.

Pertemuan berlangsung hangat diselingi juga dengan sedikit candaan, sehingga akrab dan penuh rasa kekeluargaan.

“Kami merasa berterimakasih pada sekwan Sumbar dan jajaran yang sudah menerima kami dengan rasa kekeluargaan, juga melayani kani sehingga merasa nyaman dalam melakukan kunjungan ini,” tutup pimpinan rombongan ketika akan meninggalkan gedung DPRD Sumbar, jalan Khatib Sulaiman, no. 87 Padang.(***)