Anton Permana Dt. Itam Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di IPDN Jakarta

29
Anton Permana, S.IP, MH berfoto bersama tokoh nasional pada kegiatan promosi Gelar Doktor yang diraih di IPDN Jakarta,rabu 12/04/23.(foto:dok)

Jakarta,92news.id — Alumni Lemhanas Anton Permana, S.IP.,MH berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dengan yudisium Sangat Memuaskan (IPK 3.73) dalam ujian doktoral terbuka di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2023) siang.

Sidang promosi Doktor Anton Permana ini dihadiri tokoh-tokoh nasional yang malang melintang di panggung politik, antara lain tampak mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, maestro intelijen Soeripto, ekonom Rizal Ramli, tokoh aktifis Hariman Siregar, pengamat politik Rocky Gerung, jurnalis senior Hersubeno Arief, pengamat ekonomi Ichanoerdin Noersy, manusia merdeka Said Didu, ahli hukum tata negara Refly Harun, mantan anggota DPR Prof Nurhayati Assegaf, pengamat Ubaidillah Badrun.

Tampak pula Sekda Kota Padang yang juga alumni IPDN Dr Andree Algamar, ST.TP pengamat politik Syahganda Nainggolan, Ustadz Alfian Tanjung, Radar Tribaskoro, Gede Siriana, Mayjen (Purn) Soenarko dan banyak lagi yang lain.

Dalam sidang promosi doktor ini, Anton Permana menyampaikan disertasi berjudul “Model Desentralisasi Asimetris untuk Mengeliminasi Disharmoni urusan Pemerintah di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau “. Dengan tangkas Anton Permana menjawab dan mempresentasikan jawaban pertanyaan dari semua Tim Penguji.

Ketua Sidang sekaligus Tim Penguji adalah Rektor IPDN Dr. Drs. Hadi Prabowo, MM., bersama dengan Prof Dr Wirman Syafri, M.Si., Prof Dr Muh Ilham, M.Si., Prof Dr Muh Nur Sidik, Dr Mansyur Achmad, M.Si., Dr. Muhadam Labolo, M.Si., Dr. Halilul Khairi, M.Si dan Dr Udaya Majid, M.Pd. Sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA., Dr. Ika Sartika, MT dan Dr. Sampara Lukman, MA.

“Alhamdulillah, pencapaian gelar Doktor ini adalah kebahagiaan dan rasa syukur yang luar biasa bagi saya dan keluarga. Karena pada waktu yang sangat terbatas karena kesibukan dan aktifitas, saya mampu menyelesaikan disertasi dan mempertanggungjawabkannya di hadapan tim penguji,” kata Anton Permana dengan mata berkaca-kaca, terharu.

Ucapan terima kasih disampaikan Anton Permana kepada semua pihak yang telah memberikan support luar biasa untuk menyelesaikan gelar doktor ini, terutama kepada Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan semua tokoh-tokoh bangsa yang telah hadir dalam sidang promosi doktor ini. “Saya juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Prof Anies Baswedan yang telah mengirimkan bunga dan ucapan video karena sedang berada di luar kota,” kata Anton Permana yang didampingi istri tercintanya Pepy.

Dr. Anton Permana, S.IP.,MH adalah putra Koto Nan Ompek, Kota Payakumbuh yang kini malang melintang di dunia perpolitikan tingkat nasional. Ia adalah penghulu dengan gelar adat Datuak Itam dan ayahnya adalah Simioni, seorang anggota TNI yang pernah aktif sebagai wartawan pada masanya. (*)

… KLIK DI SINI