Adobsi GERBANG DESA, Komisi I DPRD Sumbar Kunjungi Jabar

29
Komisi I DPRD Sumbar dan DPMD Sumbar saat mengunjungi DPMD Jawa Barat dalam rangka study banding dengan tentang program GERBANG DESA yang dilakukan Provinsi tersebut, selasa 04/04/23.(foto:dok)

92news.id –Untuk kepentingan setrategis pembangunan Sumatera Barat, yang berimbas pada kemakmuran masyarakatnya, Komisi I DPRD Sumbar Bidang Pemerintahan dan Hukum melakukan study banding ke Provinsi Jawa Barat pada tangal 3 sampai 4 April 2023.

Study Banding tersebut mengangkat tema tentang “Strategi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Meningkatkan Pembangunan dan Pemberdayaan melalui Gerakan Membangun Desa (GERBANG DESA).

Rombongan komisi I diterima langsung Kadis PMD Provinsi Jawa Barat Dr. Ir.H. Dicky Saromi, M.Sc beserta jajaran diruang rapat Kantor Dinas PMD Jawa Barat.

Kadis PMD Provinsi Jawa Barat Dr. Ir.H. Dicky Saromi, M.Sc beserta jajarana saat menerima kunjungan Komisi I DPRD Sumbar di ruang rapat Dinas PMD.(foto:dok)

Selain pimpinan dan anggota komisi, juga ikut serta Asisten I Sekdaprov Devi Kurnia, Kepala Inspektur Provinsi Dellyarti, Sekretaris DPRD H. Raflis, Kepala DPMD Amasrul bersam Kabid Pemerintahan Desa, dan Kabid Ekonomi pembangunan desa, Kepala Biro Pem & OTDA Doni Rahmat Samulo, dan Bappeda Sumbar.

Pada kesempatan tersebut kepala PMD Jabar Dicky menerangkan semua program Gerbang Desa, dan manfaat yang diterima masyarakat, serta efek perekonomiannya.

Kepala Dinas PMD Jawa Barat Dr. Ir. H Dicky Saromi, M.Sc saat memaparkan tentang program Gerakan Membangun Desa (GERBANG DESA), didampingi oleh narasumber lainnya.(foto:dok)

“Gerakan membangun desa ini memang amat setrategis dalam meningkatkan keikut-sertaan masyarakat dalam Pembangunan, sehingga semua memiliki rasa tanggung jawab dan percepatan pembangunan lebih bisa dikejarian,’terang Dicky.

Ditambahkannya, memang semua perlu perencanaan matang, sehingga tidak memiliki kendala berarti dalam aplikasinya, dan masyarakat merasa senang untuk ikut serta dalam program ini.

Dalam diskusi ketua komisi I DPRD Sumbar Sawal dan juga Asisten I Sekdaprov Devi Kurnia, meminta agar bisa memperdalam program Gerbang Desa tersebut.

Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul bersama rombongan Komisi I DPRD Sumbar saat berdialog dengan jajaran Dinas PMD Jawa Barat.(foto:dok)

Memperdalam keterangan Dicky, sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Rafdinal, meminta agar semua produk Gerbang Desa bisa diberikan pada rombongan yang mengunjungi Jawa Barat.

“Setelah mendengarkan pemaparan bapak kepala PMD Jabar, rasanya kami perlu mengetahui lebih detail semua produk Gerbang Desa, agar bisa kami pelajari dan terapakan di Sumatera Barat nantinya,” tutur Rafdinal.

Hal senada juga disampaikan wakil ketua komisi I DPRD Sumbar Maigus Nasir, dimana pembangunan yang berbasis masyarakat amat perlu dikembangkan demi kepentingan langsung masyarakat, termasuk juga dalam peningkatan perekonomiannya.

Rombongan Komisi I DPRD Sumbar dan DPMD Sumbar berfoto bersama dengan DPMD Jawa Barat setelah lakukan pertemuan dan dialog.(foto:dok)

Selain anggota DPRD Sumbar, mitra kerja yang ikut dalam rombongan juga merasa puas dengan keterangan serta bahan-bahan yang didapatkan, untuk bisa dipelajari serta dipedalam lebih jauh.

“Kita lakukan ini semua karena keinginan pimpinan anggota DPRD Sumbar untuk meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat, dengan pembangunan yang merata, maka meskipun lelah berpuasa, semua tidak dirasakan, demi pengabdian pada masyarakat,” Tutup Sekwan DPRD Sumbar Raflis yang juga ikut dalam rombongan.(***)